Buku Jelajah Masjid Agung Demak

Buku Jelajah Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak merupakan salah satu peninggalan sejarah dari masa kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Kini kompleks masjid menjadi obyek wisata reliji yang mendatangkan wisatawan atau peziarah tanpa henti sepanjang hari. Masjid tertua yang dibangun semasa pemerintahan Raden Patah dipelopori oleh Walisongo tersebut dipandang sebagai bangunan bernilai historis yang sakral dan dipercaya memiliki kekuatan dan nilai mistik.

Bangunan masjid menarik perhatian ditinjau dari sisi fisiknya karena terdapat penanda dan simbolisme Islam-Jawa; simbol zaman Kerajaan Islam dan simbol ajaran agama Islam, yang kini dirasakan menjadi milik masyarakat Demak pada umumnya. Benda peninggalan sejarah tersebut meliputi Masjid Agung Demak, soko tatal, pintu bledeg, serambi Majapahit, hiasan dinding yang berupa piring-piring yang bermotif  Tiongkok, tiga buah guci besar, kholwat, dampar kencana. Tinjauan mengenai umur bangunan menunjukkan masjid tergolong sudah tua tetapi masih bertahan sampai sekarang.

Peninggalan Kerajaan Islam Demak ini bukti otentik masa lalu yang membanggakan. Selain mengenali masjid secara fisik kedatangan peziarah juga memenuhi kebutuhan spiritualnya. Masjid ini mampu mengundang banyak peziarah karena beberapa alasan yaitu karena terletak di pusat kota, secara spiritual memiliki nilai religius, nilai sejarah yang terkait dengan Walisongo, penyebab tumbuhnya aktivitas wisata peziarahan. Nilai historis dan relijius menjadi daya tarik, karena merupakan masjid mula di Jawa dan menjadi patron penting bagi masjid-masjid berikutnya. Nilai relijiusnya dilatarbelakangi oleh pendirinya yaitu Walisongo dan secara khusus ditangani oleh Sunan Kalijogo. Kesemuanya memunculkan sugesti masyarakat bahwa dengan berdoa dan shalat di masjid tersebut akan menyebabkan segala keinginannya terkabulkan. Bahkan beberapa orang beranggapan bahwa ritual mengelilingi masjid identik dengan tawaf mengelilingi Ka’bah.

DETAIL BUKU

  • Bahasa Teks Buku     : Bahasa Indonesia
  • Cetakan                    : 1, Maret Tahun 2020
  • Jumlah Halaman        : ivi + 198 Halaman
  • Ukuran                      : 15,5 x 23 cm
  • ISBN                         : 978-602-451-743-4
  • Berat                        : 0,5 kg

PEMESANAN

  • Harga buku   : Rp. 85.000
  • Biaya ongkir : dapat dicek melalui link di bawah ini dengan mencantumkan kota asal (Semarang), kota tujuan dan berat buku. Untuk Kantor pos ditambah dengan ukuran dan harga buku.

https://www.posindonesia.co.id/id/check-tarif

https://www.tiki.id/id/home

https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif

PEMBAYARAN : transfer harga buku dan ongkir ke rekening Bank Mandiri no. 1350005778962 an. Mohhamad Kusyanto S.T. atau BNI no. 0215377145 an. Mohhamad Kusyanto, ST atau Bank Syariah Mandiri (BSM) no. 7008101587 an. Mohhamad Kusyanto, ST. Bukti pembayaran diunggah melalui form di bawah in (klik Pesan Buku Disini)i.

PESAN BUKU DISINI


Cetak