Buku SistemStruktur Masjid Berkubah Beton

Buku Sistem Struktur Masjid Berkubah Beton

Masjid berkubah beton yang dibangun oleh masyarakat secara swadaya dipengaruhi faktor lingkungan, faktor fisik bangunan dan faktor masyarakatnya sendiri. Faktor lingkungan adalah faktor lingkungan sekitar daerah gempa. Faktor fisik bangunan meliputi luasan bangunan, ketinggian dan tebal bangunan, bentang kubah, dimensi kolom dan balok serta penggunaan material bangunan. Faktor masyarakat terkait partisipasi swadaya masyarakat, kemampuan finansial, kemampuan pengetahuan, perancangan masjid, dan proses pembangunan. Masjid ini dibangun dengan material beton pada penutup atap dan batu bata untuk selubung bangunannya.

Perencanaan dan perancangan hingga pelaksanaan pembangunan masjid secara swadaya, mengetengahkan partisipasi masyarakat, lebih banyak dilakukan masyarakat kita daripada dikerjakan otoritas yang berkompeten. Sebagian lagi mempekerjakan tenaga ahli tetapi seringkali hanya dimintai advisnya saja karena barbagai alasan seperti teratasnya pendanaan. Tak heran jika secara teknis keandalan bangunan-bangunan tersebut meragukan para pakar sehingga harus dikaji lebih lanjut.

Buku ini bertujuan untuk menjabarkan berbagai unsur dan aspek hingga faktor-faktor penyebab kegagalan struktur, mendeskripsikan karakteristik sistem struktur bangunan masjid yang dibangun masyarakat itu, merumuskan risiko-risiko keandalan aspek keselamatan sistem struktur. Akhirnya merumuskan strategi pembangunan berbasis swadaya pada masjid berkubah. Masjid berkubah beton disukai masyarakat karena seolah kubah itu erat sekali menyimbolkan arsitektur Islam. Rancangan masjid yang mayoritas menggunakan bahan bangunan berat seperti beton bertulang sebagai penutup atap dan batu bata pada selubung bangunannya menjadikan faktor material ini menjadi materi uji terhadap kinerja sistem struktur.

DETAIL BUKU

  • Bahasa Teks Buku   : Bahasa Indonesia berwarna
  • Cetakan                    : 1,Tahun 2020
  • Jumlah Halaman     : xii + 144 Halaman
  • Ukuran                      : 15,5 x 23 cm
  • ISBN                         : 978-623-7729-59-4
  • Berat                        : 0,5 kg

PEMESANAN

  • Harga buku   : Rp. 110.000
  • Biaya ongkir : dapat dicek melalui link di bawah ini dengan mencantumkan kota asal (Semarang), kota tujuan dan berat buku. Untuk Kantor pos ditambah dengan ukuran dan harga buku.

https://www.posindonesia.co.id/id/check-tarif

https://www.tiki.id/id/home

https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif

PEMBAYARAN : transfer harga buku dan ongkir ke rekening Bank Mandiri no. 1350005778962 an. Mohhamad Kusyanto S.T. atau BNI no. 0215377145 an. Mohhamad Kusyanto, ST atau Bank Syariah Mandiri (BSM) no. 7008101587 an. Mohhamad Kusyanto, ST. Bukti pembayaran diunggah melalui form di bawah ini (klik Pesan Buku Disini).

PESAN BUKU DISINI


Cetak